*SPECIAL DISCOUNT 10% Ultimo Carrier Cactus Burgundy & Tosca                                  *GET FREE E-book Babywearing Tutorial

Menggendong bayi dengan posisi yang benar sangat penting untuk perkembangan tulang dan otot bayi. Salah satu posisi yang disarankan oleh para ahli adalah posisi M-Shape. Posisi ini dianggap ideal karena mendukung perkembangan tulang panggul dan tulang belakang bayi secara optimal, serta memberikan kenyamanan bayi saat digendong..

Mengapa Harus Menggendong dengan Posisi M-Shape? 

 

Posisi M-Shape membuat lutut bayi menjadi lebih tinggi dari bokongnya, membentuk huruf “M”. Posisi ini tidak hanya membantu mengurangi tekanan pada sendi pinggul tetapi juga mendukung lengkungan alami tulang belakang bayi loh Bunda. Dengan posisi ini, bayi juga merasa lebih nyaman karena berat tubuhnya didistribusikan dengan lebih merata. 

Cara Menggendong Posisi M-Shape yang Tepat

1. Pilih gendongan yang tepat

Pilihlah gendongan yang dapat mendukung posisi M-Shape agar Bunda dan bayi lebih nyaman dan aman saat digendong. Bunda bisa memilih rekomendasi gendongan Soft Structure Carrier (SSC) dan gendongan model sling dari CuddleMe.

2. Posisikan bayi dengan benar

Letakkan bayi di gendongan dengan posisi kaki membentuk huruf “M”, yaitu bokong lebih rendah dari lutut dan lutut lebih tinggi dari pinggul. Pastikan punggung bayi melengkung secara alami dan tidak terlalu lurus atau melengkung. Posisi kepala bayi harus dekat dengan dada Bunda agar bayi bisa mendengar detak jantung dan merasa aman.

3. Cek kenyamanan bayi

Periksa apakah bayi merasa nyaman dan tidak ada bagian gendongan yang menekan tubuhnya. Pastikan bayi bisa bernapas dengan mudah dan tidak ada yang menghalangi hidung atau mulutnya. Leher kepala bayi dalam keadaan tersanggah dengan kain dan tidak terlalu mendongak. 

4. Sesuaikan Gendongan dengan Benar

Sesuaikan tali atau pengait gendongan agar pas dan nyaman untuk bayi dan Bunda. Jangan terlalu ketat atau terlalu longgar ya. Pastikan semua bagian tubuh bayi berada dalam posisi yang benar dan nyaman.

Menggendong dengan posisi M-Shape bukan hanya memberikan kenyamanan dan keamanan bagi bayi, tetapi juga mendukung perkembangan tulang belakang dan mencegah displasia pinggul. Dengan memahami cara menggendong yang benar, Bunda dapat memberikan yang terbaik bagi bayi. 

Pilihlah gendongan yang tepat seperti gendongan dari CuddleMe dan pastikan posisi M-Shape selalu diterapkan saat menggendong. Dengan demikian, bayi akan merasa nyaman, aman, dan perkembangannya akan terjaga dengan baik. 

Simak video tutorial memakai gendongan M-Shape yang lebih lengkap melalui video berikut 

Post Views: 71