JANGAN ASAL BEDONG BAYI , RESIKO DISPLASIA PANGGUL HINGGA KEMATIAN MENYERANGSI KECIL!!

Hai koala moms, kembali lagi bersama cuddlemin disini yang akan membagikan info-info menarik seputar ibu dan bayi tentunya. Kali ini cuddlemin akan membahas tentang kebiasaan membedong bayi yang sudah turun-temurun dilakukan sejak jaman dahulu yaa. Siapa nih dari koala moms yang sampai saat ini masih menerapkan kebiasaan membedong bayi???

Kebiasaan membedong bayi  ini sendiri sebenarnya sudah di terapkan sejak abad ke -18 hingga sekarang ya koala moms, dimana para koala moms di era milenials juga masih menerapkannya untuk mengahangatkan tubuh si kecil. Dengan di bedong, si kecil akan merasa nyaman dikarenakan posisinya seolah-olah mirip dengan posisi si kecil saat masih di dalam rahim si ibu dan dapat menstimulasinya untuk tidur lebih nyenyak karena bedong dapat menghindarkan gangguan-gangguan yang dapat membuat si kecil refleks terkejut dan membuatnya terbangun saat tidur yaa. Refleks kejut ini atau lebih dikenal dengan refleks moro sangatlah melekat pada bayi yang masih baru lahir ya koala moms, sehingga dengan adanya refleks ini bayi akan lebih sensitif terhadap suara maupun gerakan atau sentuhan yang ada disekitarnya. Oleh karena itu, bayi akan lebih mudah terbangun saat tidur karena sensitif terhadap gangguan di sekitarnya.

Selain itu dengan menerapkan kebiasaan bedong ini akan sangat membantu memberikan kehangatan pada tubuh si kecil loh koala moms.Ketika dalam fase bayi maka si kecil belum memiliki kontrol atau pengaturan terhadap suhu tubuhnya sendiri, hal ini disebabkan karena lemak dalam tubuhnya belum cukup banyak untuk bisa menghangatkan tubuh si kecil yaaa. Maka dari itu bayi akan lebih mudah kedinginann dan bedong yang menjadi salah satu alternatif untuk mengahangatkan tubuh si kecil ya koala moms.

Wah ternyata banyak fakta tentang membedong yang  memberi manfaat baik bagi kenyamanan si kecil  ya koala moms. Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan yaa dibalik kebiasaan membedong si kecil ini, karena ada beberapa pula kerugian yang ditimbulkan juga lhoo di saat koala moms membedong si Kecil. Yuk simak apa saja kerugiannya

 

 

KERUGIAN MEMBEDONG

Membedong memang memiliki manfaat yang baik ya koala moms bagi si kecil, namun ternyata jika koala moms tidak berhati-hati dalam membedong si kecil akan meningkatkan resiko si kecil terkena Displasia Panggul loh koala moms, apakah Dsiplasia panggul??? dan apa dampak bahaya bagi si kecil yang terkena displasia panggul??

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari  KlikDokter dari berbagai studi yang ada membutikan jika bayi yang sering dibedong akan meningkatkan resiko 2-5 kali lipat lebih rentan terkena Displasia Pinggul. Apa itu displasia panggul? Displasia panggul merupakan kondisi dimana sendi panggul yang terdiri dari persambungan antara dua tulang berada di luar jalurnya sehingga tidak pas pada tempatnya. Kondisi ini umumnya dialami bayi tidak lama setelah dilahirkan dan salah satu pemicunya dapat disebabkan karena adanya kesalahan dalam membedong si Kecil.

Displasia panggul pada si kecil ini akan menyebabkan posisi panjang tungkai kiri dan kanan si kecil akan terlihat berbeda dan apabila di biarkan terus menerus ketika si kecil memasuki fase berjalan maka tungkai yang terkena displasia panggul akan terlihat lebih pincang atau lebih lemah. Kebanyakan para bunda akan membedong si kecil dengan memaksakan tungkai kaki si kecil dipaksa untuk selurus mungkin dan dibedong seketat mungkin, justru hal inilah yang memicu resiko si kecil terkena Displasia panggul ya koala moms. Padahal ketika dalam fase bayi baru lahir tungkai kaki si kecil memang agak tertekuk seperti kaki katak, namun koala moms tidak perlu khawatir yaaa karena ini merupakan kondisi alami dan normal bagi si kecil maka ketika membedong jangan dipaksakan untuk dalam posisi lurus ya moms dan pastikan untuk tidak menggunakan material bedong yang terlalu ketat untuk si kecil juga ya moms.

Selain menyebabkan displasia panggul posisi bedong yang salah juga dapat memicu adanya  overheating  pada si kecil ya koala moms. Apasih yang dimaksud dengan overheating pada bayi???

Overheating  pada bayi yaitu keadaan dimana bayi mengalami kepanasan dan dehidrasi yang mengakibatkan bayi beresiko mengalami kematian mendadak atau yang dikenal dengan SIDS (sudden infant death syndrome) dan lagi-lagi koala moms yang menyebabkan hal -hal tersebut adalah membedong bayi yang terlalu ketat.

MAKA SEBAIKNYA DIBEDONG TIDAK YA?

Bagi koala moms jangan bingung yaaa untuk memilih membedong si kecil atau tidak. Walaupun banyak resiko yang mengancam, namun jika koala moms memperhatikan posisi penggunaan bedong yang baik dan benar maka resiko-resiko tadi tidak akan mengancam si kecil, yuk simak beberapa tips berikut ya koala moms :

– Perhatikan untuk membedong bayi dari bagian bahu atas hingga kebagian bawah ya koala moms, jangan sampai menutupi keseluruhan kepala si kecil ya moms , untuk menghangatkan bagian kepala koala moms dapat memakaikan topi di kepala si kecil.

– Jangan lupa untuk pastikan juga bagian tungkai kaki si ekcil tetap longgar dan posisi kaki sedikit tertekuk ke atas ya koala moms. Jangan sekali-kali  memaksakan kaki si kecil untuk lurus ya koala moms biarkan kakinya mengikuti bentuk alaminya saja.

– Jangan membedong bayi terlalu ketat yaa, gunakan selalu bedong atau kain yang nyaman dan menyerap keringat si kecil.  Nah salah bedong yang saat ini rekomen untuk digunakan koala moms adalah bedong instan yang tidak susah tentunya untuk digunakan karena kebanyakan telah menggunakan resleting . Pilihlah bedong dengan kain berbahan yang nyaman seperti misalnya katun spandex ya koala moms agar tetap hangat namun juga tidak membuat si kecil gerah tentunya. Salah satu rekomendasi cuddlemin adalah bedong instan  dari cuddleme (Hybrid Swaddlepod) ya koala moms, yang di design khusu sehingga tidak membahayakan si kecil pastinya.

– Bedong bayi ketika posisinya terlentang ya koala moms jangan saat tengkurap

– Bedong si kecil maksimal hingga usia 3 bulan saja ya koala moms, karena jika diatas di usia tersebut membedong akan mengurangi ruang gerak si kecil untuk tumbuh bebas bergerak.

Nah koala moms, membedong memang memberi berbagai manfaat bagi si kecil yaaa namun jangan lupa untuk selalu memperhatikan keaman dan kenyaman si kecil tentunya koala moms, jadi jangan sampai pilih bedong yaa serta salah menggunakannya ya koala moms. Ikuti terus info dan tips menarik dari cuddleminfo selanjtnyaaa ya koala moms.